Dari Limbah Menghasilkan Produk Tanpa Limbah

Dari Limbah Menghasilkan Produk Tanpa Limbah

2013-08-30-09.44.43

Setiap proses produksi pasti akan menghasilkan produk jadi dan juga sisa produksi atau limbah. Dan itu juga berlaku pada proses pembuatan sandal bandol(ban bodol) di Desa Keniten, Kecamatan Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas. Yang menggunakan bahan baku limbah dari ban mobil bekas.

Pembuatan sandal bandol(ban bodol) yang menggunakan bahan baku berupa limbah ban bekas. Secara tidak langsung telah mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Karena limbah yang semula tak berharga dan mungkin terbuang begitu saja. Telah disulap menjadi sebuah produk baru bernilai ekonomi lebih yang dijual di pasaran. Yang tentunya untuk kualitas tidak kalah bersaing dengan produk yang dikeluarkan pabrikan. Tapi walaupun menggunakan bahan baku limbah, proses produksinya juga tetap menghasilkan limbah yang juga harus diperhatikan.

Dan hal itu akan menjadi berbeda jika limbah hasil produksi itu juga bisa dimanfaatkan kembali. Dan itulah yang dilakukan oleh Daryanto(50), selain selalu berkreasi dan berinofasi tanpa henti menciptakan model-model produk yang selalu baru. Daryanto tetap memperhatikan limbah yang menjadi sisa produksi. “Limbah produksi disini digunakan untuk bahan bakar proses penyulingan minyak dan pembakaran batu kapur”, ungkapnya.

Limbah atau sisa dari proses produksi sandal bandol(ban bodol) di tempat Daryanto tidak menjadi sampah yang terbuang begitu saja. Karena sisa-sisa potongan karet, spon, kulit ataupun imitasi yang ada di tempat produksinya. Telah dimanfaatkan di tempat lain sebagai bahan untuk pembakaran di tempat-tempat penyulingan minyak. Seperti penyulingan daun cengkeh, dilem, dan juga pada proses pembakaran batu kapur.

Karena itulah hampir tidak ada limbah yang dihasilkan dari pembuatan produk sandal bandol di tempat Daryanto. Sebuah upaya yang dilakukan untuk ikut mengambil peran dalam melestarikan lingkungan. Dan dengan membeli produk sandal dan sepatu yang dihasilkan di Desa Keniten ini, secara tidak langsung anda juga telah berpartisipasi dalam upaya melestarikan lingkungan hidup.

sumber: http://keniten.my.id/2013/09/04/dari-limbah-menghasilkan-produk-tanpa-limbah/

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

15 − 10 =