Wargapun Bisa Jadi Pewarta

Wargapun Bisa Jadi Pewarta

pewarta warga
Kegiatan Pembekalan Sanggar Pena Desa

BANYUMAS – Banyak kegiatan atau potensi di desa yang menarik, namun kurang mendapat perhatian dari media massa. Demikian disampaikan Koordinator acara, Yudi Setiyadi dalam agenda Workshop Pena Desa di Balai Desa Beji, Kecamatan Kedungbanteng, Minggu (6/10) petang.

Kondisi itulah, yang menjadikan pihaknya berbenah untuk mengoptimalkan potensi itu lewat tulisan dalam pembuatan blog, web hingga pewarta warga. Karena diyakininya, lewat media tersebut warga bisa menjadi pewarta.

“Harapannya, pewarta warga dalam Pena Desa nantinya mampu mengoptimalkan tulisan di desa masing-masing,” kata Yudi.

Agenda kemarin, katanya merupakan program perdana yang diikuti 10 pewarta yang datang dari perwakilan desa serta beberapa penggiat seperti bloger, penyair, pembuat web dan pewarta warga. Kegiatan kemarin diisi dengan pemberian materi jurnalistik oleh pewarta media lokal, Hanan Wiyoko. Mereka dibekali cara penulisan hardnews, features, dan teknik wawancara.

Dalam kesempatan tersebut, mereka juga mengikuti identifikasi masalah masing-masing desa dan praktik menulis. Acara tersebut dipandu oleh Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) persiapan Kota Purwokerto, Aris Andrianto.

“Nantinya tulisan pewarta warga bisa diupload di website desa atau website yang dikelola Pena Desa. Para pewarta warga akan digaransi untuk bisa menulis dengan baik,” kata Aris, jurnalis media nasional ini. (Gondhez Suryoatmojo)

2 KOMENTAR

  1. wah… seru nich dunia maya banyumas dengan semakin banyak konten-konten lokal oleh pewarta warga. semoga bisa memotivasi dan saling berbagi pengetahuan..

LEAVE A REPLY

3 + 5 =