Ternyata Belajar Fotografi Itu Mudah

Ternyata Belajar Fotografi Itu Mudah

Pelatihan Fotografi Sanggar Pena Desa
Pelatihan Fotografi Sanggar Pena Desa

PURWOKERTO, PENADESA – Belajar fotografi selama ini menjadi momok tersendiri bagi pegiat media komunitas. Padahal, jika mau belajar dengan sungguh-sungguh, ternyata belajar fotografi itu menyenangkan dan tak sesulit yang dibayangkan.

“Saya takut duluan kalau memegang kamera, tapi sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan,” kata Yudi Setiyadi, pegiat jurnalisme warga dari Desa Keniten Banyumas, Ahad (20/10).

Yudi bersama sejumlah pegiat jurnalisme warga lainnya mengikuti pengenalan dasar-dasar fotografi. Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Purwokerto di Bukit Indah Desa Ketenger.

Meski awalnya tampak canggung, Yudi tak butuh waktu lama untuk bisa menggunakan kamera DSLR. Berbagai teori yang diajarkan oleh fotografer handal AJI Purwokerto pun langsung dipraktekkan di lapangan.

Tak hanya menggunakan kamera DSLR, mereka juga diajari menggunakan kamera telepon seluler yang ada untuk mengambil gambar. “Untuk awalan hasilnya sudah cukup bagus,” katanya.

Nugroho Pandhu, anggota AJI Purwokerto yang juga fotografer Suara Merdeka mengatakan, pegiat jurnalis warga minimal harus mengetahui kaidah dasar fotografi. “Minimal harus paham komposisi dan aturan sepertiga bidang,” katanya.

Pandhu atau yang biasa disapa Gogon menambahkan, belajar fotografi bukanlah hal yang sulit. Ia memberikan tips,”Sering-seringlah memotret dan melihat hasil karya orang lain,” katanya.

RIYANTO

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

thirteen − seven =