Petani durian Alasmalang masih trauma kelompok tani

Petani durian Alasmalang masih trauma kelompok tani

haryono

Banyumas, Penadesa- Petani durian di Desa Alasmalang Kecamatan Kemranjen masih trauma dengan keberadaan kelompok tani. Pasalnya, keberadaan kelompok tani di desa sentra penghasil durian tersebut dianggap memberatkan para petani.

Alasan tersebut diungkapkan salah satu petani durian Desa Alasmalang, Umar (27). Menurut Umar, keberadaan kelompok tani membuat petani tidak mendapat keuntungan yang maksimal. “Kalau tanpa ikut kelompok tani, keuntungan kan tidak terpotong biaya buat perawatan bibit kelompok,” jelasnya, Rabu (5/11).

Lebih jauh, ia menilai keberadaan kelompok tani juga bisa membuatnya tidak nyaman dalam memasarkan hasil durian yang dipanen. Selama ini, Umar mengakui lebih bebas memasarkan buah duriannya ke pedagang tanpa ada ikatan dengan kelompok. “Enakan tanpa ikatan kelompok, mas. Jadi bisa bebas menjual bibit ataupun buah durian pada pedagang mana saja,” ungkapnya.

Berbeda dengan Umar, Samikun (49) menilai keberadaan kelompok petani akan sangat membantu. Menurutnya, petani durian di Desa Alasmalang selama ini belum melihat sisi positif adanya kelompok tani yang akan sangat membantu anggota lainnya.

“Anggota dulu sering keberatan masalah biaya perawatan. Terutama saat perawatan bibit yang bukan miliknya. Bahkan, saat membentuk kelompok tani, ketua yang mencari anggota. Jadinya sulit terbentuk. Jika pun terbentuk, akan cepat bubar. Karena bukan dari kesadaran masyarakat sendiri,” ungkapnya.

Kendala itu, pun dialami Darno (30), ketua karang taruna Desa Alasmalang. Ia menjelaskan kondisi serupa dialaminya saat mencoba menyatukan pemuda karang taruna yang bekerja menjadi petani durian. “Jangankan yang tua, mas. Yang muda saja juga sulit disatukan,” jelasnya.

Padahal, menurut Darno, pembentukan kelompok tani di kalangan petani muda durian menjadi salah satu programnya untuk mewujudkan Desa Alasmalang sebagai desa sentra penghasil durian di Banyumas.

Estiko Aji Saputro

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

two × two =