Petani Desa Butuh Kalkulator Ikan

Petani Desa Butuh Kalkulator Ikan

XdJ26T

Banyumas, Penadesa- Desa Beji yang berada di kaki Gunung Slamet memiliki ragam potensi yang menarik. Diantara sekian banyak produk unggulannya adalah Benih Gurameh yang telah di gunakan di pelosok negeri ini. Pesanan datang Bukan hanya dari pulau Jawa saja melainkan sudah merambah Pulau Sumatera, Sulawesi, Kalimantan Bahkan ada juga permintaan dari luar negeri.

Dalam sebulan Desa beji mampu mengirim Benih Gurameh sekitar 40 Juta ke pelbagai pelosok Nusantara. Dari semua kemasan benih gurameh tersebut masih menggunakan penghitungan secara manual yang sebenarnya cukup menyita waktu dan tenaga.

Supriyanto (42) petani yang mempunyai puluhan ekor Gurameh di Beji mengaku masih kesulitan dalam penghitungan telur gurameh. “Saat ini masih menggunakan manual dengan dua bokor (Panci Besar) dan dihitung menggunakan mangkuk kecil dengan hitungan lima ekor setiap kalinya”. Sebenarnya banyak waktu yang bisa digunakan untuk mengembangkan produk pertanian jika tidak dihabiskan untuk menghitung hasil panen dari telur gurameh.

Ide untuk menemukan alat penghitung atau kalkulator sebenarnya seringkali menjadi bahan pembicaraan antara petani dan juga pedagang. “Hingga saat ini saya belum pernah mendengar alat hitung ikan dengan cepat yang tentu sangat berguna bagi warga desa Beji”, ucap Tarto (32) salah satu pedagang sekaligus Petani Gurameh. Berapapun jumlah harganya selagi masih dalam batas wajar pasti akan kami beli pungkasnya.

Teknologi pertanian kini memang semakin pesat, banyak perubahan besar dalam bidang pertanian baik itu meliputi Pembibitan, Pembesaran, Perawatan atau bahkan pasca panen berupa pemasaran. Alat hitung yang dimimpikan para petani desa barangkali cukup sederhana yaitu dapat menghitung jumlah ikan baik dalam bentuk telur ataupun yang sudah cukup besar. Implementasinya bisa berdasarkan deteksi tubuh ikan atau gerak pada benih ikan.

Besar harapan petani desa beji agar para ahli teknologi di Indonesia dapat membuat aplikasi atau alat penghitung telur gurameh dengan cepat dan akurat. Baik itu dengan ditempelkan dalam kolam ataupun melewati lorong alat teknologi sederhana tersebut. Saatnya ahli pertanian dan teknologi bangsa ini memikirkan teknologi tepat guna bagi para petani, Bukan hanya mampu mengimpor dari bangsa lain.

 

Mufid

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

twenty + 2 =