Diserang Hama, 12 Hektar Lahan Petani Rusak

Diserang Hama, 12 Hektar Lahan Petani Rusak

Hama Wereng Menyerang Padi
Hama Wereng Menyerang Padi

Purbalingga, Pena Desa – Lebih dari 12 Hektar lahan pertanian milik warga Desa Kalapacung, Kecamatan Bobotsari, diserang hama wereng. Para petani, mulai merasa resah karena tahun ini bakal gagal panen.

“Sudah hampir 2 bulan ini hama wereng menyerang padi di kelompok tani Bhakti
Tani” kata Ketua Gapoktan Desa Kalapacung, Sudiman (76) saat ditemui di kediamannya. Senin (17/3).

Dia menambahkan, apabila tidak diserang wereng, para petani sedianya memanen 4 ton gabah basah per hektar. Akan tetapi dengan kondisi saat ini, dari 14 hektar tanaman yang rusak, petani hanya bisa menikmati sekitar 2 hektar.

“Petani harus merugi biaya operasional kurang lebih 3,5 juta untuk setiap hektarnya,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Bhakti Tani, Subegya (42) mengaku belum bisa menjamin 2 hektar tanaman padi yang tersisa bakal aman dari serangan hama wereng. Sebab, hama tersebut dapat tumbuhan dengan cepat dan tidak dapat diprediksi.

“Bisa saja 1 minggu menjelang panen, hama wereng menyerang ya tidak bisa dipanen juga,” jelas

Subegya juga menambahkan, musim panen kali ini kemungkinan hanya memanen jenis padi umur pendek, seperti Situbagendit, dan IR 64. Jenis padi umur pendek dapat dipanen pada umur 95 hari, sehingga dapat segera dipanen sebelum hama wereng menyebar. Dibandingkan jenis padi umur panjang yang dipanen pada umur 115 hari.

Saat ini para petani hanya bisa pasrah dengan keadaan. Pasalnya berbagai usaha telah dilakukan para petani untuk membasmi hama wereng ini.

“Sudah disemprot dengan obat. Sempat hilang. Tapi hama wereng itu mudah tersebar, terbawa angin. 3 hari saja telur mereka sudah menetas semua,” ujar Subegya.

Antika Putri D.

FB: www.facebook.com/antika.putriii

Sumber: http://kalapacung.penadesa.or.id/?p=28

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

one × 3 =