Hasil Panen Durian Alasmalang Merosot

Hasil Panen Durian Alasmalang Merosot

Durian Montong Alasmalang
Hasil panen durian montong dan cani di Desa Alasmalang

 

ALASMALANG, PENA DESA – Hasil panen durian unggulan petani Desa Alasmalang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas mengalami penurunan drastis tahun ini. Itu disebabkan oleh faktor cuaca ekstrem yang terjadi beberapa bulan terakhir.

Ketua Kelompok Tani Maju Makmur, Hasan Susanto (40), mengatakan, curah hujan yang tinggi membuat debit air tanah melimpah. Imbasnya, bunga dan bakal durian rontok sebelum berbuah. Selain itu, pohon durian yang sedang berbunga atau berbuah dibarengi dengan daun yang bersemi juga mempengaruhi rasa durian.

“Stok durian di Alasmalang sedikit, sekitar 70 ton. Biasanya bisa mencapai 150 ton lebih setiap tahunnya. Rasa buahnya juga terpengaruh, terutama durian unggul jenis ‘kani dan montong’. Kalau biasa, rasa daging buahnya manis, sekarang malah rasanya tawar,” tuturnya saat ditemui di kediamannya, Sabtu (7/2) siang.

Menurut Hasan, dampak dari merosotnya produktivitas durian kali ini berdampak pada kegiatan Bazaar Durian. Dia dan kelompok tani Desa Alasmalang menunda perhelatan yang cukup sukses pada 2014 ini.

Ia mengaku khawatir, para pembeli merasa kecewa dengan penurunan kualitas buah acara, apabila even tersebut tetap digelar. Petani justru akan dipermalukan karena menjual buah yang rasanya tawar dan jelek. “Masa ngundang orang banyak, tetapi buah durian yang disuguhkan ledoh (tawar)? Malah nantinya membuat malu desa,” tambahnya.

Selain permasalahan panen durian yang kurang baik, banyaknya tengkulak-tengkulak dari Jakarta juga membuat stok durian di Desa Alasmalang semakin sedikit. Darno (36), penjual durian, menjelaskan bahwa selain sulit menemukan durian yang bagus, sedikitnya stok durian juga menjadi rebutan para tengkulak.

“Tengkulak dari Jakarta saat ini banyak yang mencari durian di Kemranjen. Bahkan sekarang durian menjadi rebutan, karena cukup sulit untuk menemukan durian yang benar-benar bagus,” jelas Darno saat dikonfirmasi Penadesa.

Estiko Aji Saputro

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

thirteen − five =