Mau Ciblon? Cukup Bawa Sekantung Sampah Plastik

Mau Ciblon? Cukup Bawa Sekantung Sampah Plastik

Papan pengumuman yang terpasang di pintu masuk ruang rindu kotak siwur, Desa Sumampir, Rembang, Purbalingga.
Papan pengumuman yang terpasang di pintu masuk ruang rindu kotak siwur, Desa Sumampir, Rembang, Purbalingga.

Sumampir, Pena Desa – Mengubah pola pikir masyarakat tentang sampah bisa dilakukan dengan berbagai hal. Seperti yang dilakukan oleh para pegiat Bank Sampah Resik Mandiri dan Pengurus wahana taman bermain Ruang Rindu Kotak siwur baru-baru ini.

Untuk bisa menikmati kolam pemandian dan taman bermain yang berlokasi di Desa Sumampir Rembang Purbalingga ini, para pengunjung cukup membawa 30 buah gelas plastik bekas atau 10 buah botol Air mineral bekas ukuran sedang. Sampah-sampah itu bisa ditukarkan menjadi tiket masuk Ruang Rindu Kotak Siwur.

Salah satu pegiat Bank Sampah Resik Mandiri, Reza Azhar, mengungkapkan, pengunjung tempat bermain yang berada sekitar 40 Km dari pusat kota Purbalingga ini rata-rata anak-anak usia Sekolah Dasar. Pemikiran untuk menukar sampah menjadi tiket dianggap sesuai dengan misi dari satu-satunya Bank Sampah yang ada di Kecamatan Rembang yaitu mengenalkan sadar sampah sejak dini.

“Karena anak-anak adalah generasi penerus, jadi sedini mungkin harus di arahkan pola pikir tentang sadar sampah agar kedepan lebih baik lagi,” kata dia, Selasa (18/02).

Hal ini ditanggapi positif oleh para pengunjung. Setiap harinya puluhan anak-anak datang berkelompok dengan membawa sekantong sampah anorganik agar bisa menikmati kesegaran air kolam dan permainan guyuran air tong tumpah, yang ada di komplek Bank Sampah Resik Mandiri tersebut.

“Senang sekali, jadi ngga usah minta uang untuk bayar masuk. Tinggal ngumpulin bekas minuman, trus di bawa kesini,” ungkap Fadilah (12), salah satu pengunjung tetap taman bermain ini.

“Hampir setiap sore kami kesni. Bawa sampah-sampah dari bekas jajanan kami, kalau masih kurang kami cari di rumah teman-teman atau di kebon. Setelah terkumpul baru di bawa ke kotak siwur,”. Imbuhnya sembari menunggu tong tumpah terisi air.

Ina Farida

Sumber : http://sumampir.penadesa.or.id/2015/02/18/mau-ciblon-cukup-bawa-sekantung-sampah-plastik/

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

eight + sixteen =