Paceklik di Tengah Musim Panen

Paceklik di Tengah Musim Panen

Musim panen di desa Margasari, Cilacap

Musim panen di desa Margasari, Cilacap
Musim panen di desa Margasari, Cilacap

Sebagian petani desa Margasari, Cilacap mengalami paceklik di tengah musim panen. Pasalnya, harga padi yang cenderung murah tidak sebanding dengan meningkatnya harga sembako.

Berdasarkan data yang didapat dari kelompok tani Sumber Rejeki Desa Margasari, panen tahun ini terbilang cukup bagus dibanding panen sebelumnya. Per 100 ubin rata-rata 9 kwintal untuk tahun ini, sedangkan panen sebelumnya rata-rata di bawah 6 kwintal untuk 100 ubin sawah.

Hama pada panen kali ini terbilang mudah dikendalikan, dibandingkan dengan panen sebelumnya yang membuat banyak sekali warga yang gagal panen,” Ungkap Dasmin (57), Ketua kelompok tani Sumber Rejeki Desa Margasari.

Namun, pada saat panen yang melimpah ternyata banyak warga yang kebingungan untuk menjual padi miliknya. Harga gabah di desa Margasari dan sekitarnya saat ini hanya berkisar 4.100 – 4.300 per kilogramnya. Sama seperti harga gabah tahun lalu dimana harga-harga sembako belum mengalami kenaikan.

kebanyakan pengepul yang membeli dengan harga tinggi tidak bisa membayar lunas, padahal saya sedang butuh uang banyak untuk berobat ibu saya,” Ungkap Ghozin (23), salah satu warga desa Margasari.

Bulog harus melindungi para petani. Jangan sampai saat panen harga gabah jatuh, tapi saat belum panen malah melambung tinggi,” imbuh Dasmin.

Sumber : margasari.penadesa.or.id

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

14 + eighteen =