Yuk, Plesiran ke Curug Tertinggi di Banyumas

Yuk, Plesiran ke Curug Tertinggi di Banyumas

Curug Cipendok merupakan air terjun tertinggi di Banyumas yang terletak di Desa Karangtengah, Cilongok.
Curug Cipendok merupakan air terjun tertinggi di Banyumas yang terletak di Desa Karangtengah, Cilongok.

Pena Desa – Jika ingin menghabiskan waktu di Banyumas Jawa Tengah, terasa kurang lengkap jika belum plesiran ke Curug Cipendok yang berada di lereng selatan Gunung Slamet. Banyaknya sumber air melimpah di antara tutupan hutan hujan tropis di kawasan Desa Karangtengah Kecamatan Cilongok, Banyumas menjadikan wilayah tersebut menjadi eksotis.

Untuk mencapai lokasi curug, pengunjung bisa mencapainya dari beberapa rute. Semisal dari Terminal Purwokerto, bisa menggunakan angkutan mikrobus jurusan Ajibarang dan berhenti di pertigaan Pasar Losari, Cilongok. Setelah berada di pertigaan Pasar Losari, perjalanan dilanjutkan dengan angkutan koperades jurusan Losari-Karangtengah hingga sampai di lokasi.

Tetapi, alangkah baiknya jika datang berramai-ramai dengan kawan-kawan dan menyewa angkutan umum, karena angkutan koperades tersebut kadang tidak sampai lokasi. Sepanjang perjalanan dari Pasar Losari, pemandangan hijaunya sawah dan terpaan hawa pegunungan seolah menyambut kedatangan wisatawan.

Selain itu, jalan yang menanjak di antara perbukitan dan kawasan lahan peternakan untuk pembesaran sapi milik pemerintah akan dilalui dalam perjalanan tersebut.

Dengan waktu tempuh sekitar 30 menit, pengunjung sudah sampai di lokasi parkir dalam Curug Cipendok. Tapi jangan lupa, sebelum masuk ke Curug Cipendok, tiap pengunjung akan ditarik karcis seharga Rp 7.500 per orang.

Untuk mencapai Curug Cipendok, pengunjung akan melalui jalan yang disusun dari batuan membentuk undakan sepanjang 500 meteran. Ketika berjalan, suara air yang jatuh dari ketinggian sekitar 90 meter terdengar, pertanda lokasi eksotis di kawasan lereng selatan Gunung Slamet ini semakin dekat.

Pengunjung Curug cipendok yang sedang berfoto di lokasi Curug sambil menikmati pemandangan khas hutan hujan tropis di sekitar curug.
Pengunjung Curug cipendok yang sedang berfoto di lokasi Curug sambil menikmati pemandangan khas hutan hujan tropis di sekitar curug.

Ciri khas batuan andesit dengan karakteristik unik pada dinding-dinding tebing air terjun, memanjakan mata pengunjung. Hawa sejuk dan pemandangan perbukitan yang asri, menambah rasa nyaman dan tenang, hingga banyak wisatawan yang memilih berlama-lama di lokasi air terjun.

Tak jauh dari sekitar air terjun, ada beberapa fasilitas yang disediakan seperti, toilet, taman bermain dan camping ground. Selain itugardu pandang untuk melihat pemandangan di sekitar air terjun dan fasilitas flying fox cocok untuk pengunjung yang ingin menguji adrenalin.

Pun untuk menikmati alam Curug Cipendok, pengunjung yang ingin menginap bisa memesan tempat penginapan di sekitar lokasi dengan harga yang relatif terjangkau atau berkemah di camping ground dengan menghubungi pengelola untuk menyewa tenda.

Bila beruntung, pengunjung bisa melihat fauna khas Gunung Slamet, Lutung Jawa yang bergelantungan di pepohonan sekitar gardu pandang. Atau, jika tertarik dengan flora dan fauna di ekosistem Gunung Slamet, ada taman kupu-kupu dan taman anggrek alami.

Pun jika tertarik dengan sejarah Curug Cipendok, bisa mengunjungi beberapa situs yang menjadi mitos cerita rakyat yang berkembang pada masyarakat Banyumas. Bahkan, pengelola wisata setempat juga menyediakan paket wisata seperti ekspedisi susur hutan dengan mengunjungi beberapa lokasi situs dan keanekaragaman flora dan fauna di antara tutupan rindang pohon hutan hujan tropis.

 Yudi Setiyadi

Inilah video curug cipendok :

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY

nineteen + 11 =